Monday, May 28, 2018

Tutorial Makalah: Cara Membuat Kutipan Referensi dan Daftar Pustaka dengan Word 2016

Halo Mahasiswa!

Makalahnya pasti udah jadi kan? Belum juga? Tinggal bikin daftar isi sama kutipannya ya. Itu mah perkara gampang. Kita bisa membuat kedua hal tersebut tanpa pusing-pusing lagi. Microsoft Word sudah menyediakan fitur tersebut dan siap untuk digunakan. Masalahnya, terkadang kita ngga ngeh dan lebih memilih membuat kutipan referensi dan daftar pustaka secara manual. Memang cara tersebut lebih praktikal dan enak langsung ketik di tempat. Masalahnya, bagaimana kalau revisi menyerang? pastinya ada perubahan kan. Takutnya kutipan referensi menurut revisi sudah dihapus namun jejaknya masih ada di daftar pustaka. Duh bahaya! Langsung aja deh liat caranya berikut.

Pertama kita harus mengenal jenis-jenis kutipan yang familiar di telinga mahasiswa profesional. Ada Body notes dan footnotes. Karena yang terintegrasi dengan daftar pustaka otomatis body notes, kita akan membuat yang itu saja.
  • Body notes
Body notes merupakan bentuk kutipan yang paling umum untuk dibuat. Ciri-cirinya dapat dilihat dengan jelas dilihat dalam teks tersebut. Body notes ada umumnya memiliki bentuk di dalam kurung berisikan nama penulis buku yang kita rujuk dan tahun terbitannya. Contohnya seperti berikut:

"....Agama merupakan sebuah sistem kepercayaan yang dianut oleh masyarakat ketika mereka merumuskan sesuatu yang dianggapnya suci dan sakral (Wirutomo, 2017)...."

Berdasarkan kutipan diatas, terlihat bahwa penulis mengutip kalimat tersebut dari buku Wirutomo terbitan 2017.

Cara membuat body notes secara efisien dan profesional adalah:
1. Tempatkan kursor di akhir kalimat yang akan kita buat referensi kutipannya.
2. Klik tab Reference > Manage Sources untuk membuat referensi baru.

Klik gambar untuk memperbesar
3. Akan muncul jendela berikut.
Klik gambar untuk memperbesar
4. Klik "New" untuk membuat yang baru. Akan muncul jendela berikut.
Klik gambar untuk memperbesar
5. Disini saya menggunakan buku sebagai referensi. Sebenarnya ada banyak jenis sumber yang dapat kita buat pada umumnya seperti buku, jurnal, dan website. Kalian dapat mempelajari bentuk yang lainnya apabila sudah mengikuti tutorial ini sampai akhir
6. Isi semua bagian yang penting seperti nama penulis, tahun, judul buku, tempat, dan penerbit.
Klik gambar untuk memperbesar
7. Klik OK terus.
8. Masih di tab Reference, klik "Insert Citation", lalu pilih yang tadi kita buat.
Klik gambar untuk memperbesar
9. Voila! Jadi deh.
Klik gambar untuk memperbesar
10. Sampai di sini, kalian dapat membuat referensi kutipan tersebut sesuka anda berapa banyaknya.
11. Untuk membuat daftar pustaka yang ada di akhir halaman, klik tab Reference > Bibliography.
Klik gambar untuk memperbesar
12. Pilih jenis labelnya (ngga ngaruh sih).
13. Hasilnya seperti ini:
Klik gambar untuk memperbesar
14. Kalian dapat memformat ulang daftar isi tersebut. Entah itu font, ukuran, warna, dan sebagainya. Inilah buatan saya. 

15. Ajaibnya. daftar isi buatan kita ini dapat dengan mudah disesuaikan dengan daftar isi yang telah kita buat sebelumnya (ada di post sebelumnya).
16. Selesai!
----------
Bagaimana? Mudah kan? Aku harap tutorial ini bermanfaat dan makalahnya bisa cepat selesai. Semangat menjalani tugas!



No comments:

Post a Comment