Saturday, May 26, 2018

Tutorial Makalah: Cara Membuat Daftar Isi dengan Word 2016


Halo mahasiswa! Bagaimana tugas makalahnya? Apa ada kesulitan? Terutama dalam sistematika pembuatannya? Tenang, saya akan membantu memecahkan masalahnya.

Hal yang terkadang mengganggu mahasiswa dalam membuat makalah atau tugas adalah dalam pembuatan daftar isinya. Lho, kan gampang tinggal ketik-ketik, tulis nomor halaman, selesai sudah. Eits, jangan salah, cara kayak gitu emang simple, tapi kalo ada revisi, apa ngga acak-acakan lagi tuh. Ribet banget kali kalo harus ngedit lagi susunan daftar isinya dan itupun belum fix banget mana kala ada revisi 'liar' yang siap untuk menyerang, amburadul deh daftar isinya. Cara itu menurut microsoft: ngga kekinian!

Ternyata Microsoft Word sebelumnya sudah membekali fitur pembuatan daftar isi yang lebih efisien dan sistematis, di mana penggunanya tinggal menentukan mana bab dan subbabnya dan tidak perlu memikirkan bagaimana menata ulang kalau terjadi revisi atau editan karena daftar isi yang dibuat menggunakan fitur resmi microsoft itu otomatis update! Jadi, itu sangat menghemat waktu, tenaga, dan pikiran kita dong!

Daftar isi itu biasanya ditempatkan setelah cover atau kata pengantar apabila diperlukan. Di sini saya akan menjelaskan tutorial bagaimana membuat daftar isi secara profesional. Saya akan menggunakan Microsoft Office Word 2016. Caranya relatif sama dengan generasi 2007, 2010, dan 2013.
  • Pertama, tentukan mana yang merupakan bab utamanya.
    • Untuk Bab, semisal Bab I, atau Bab II, atau yang menjadi induk pembahasan. Di sini saya menggunakan format "BAB I - Pendahuluan". Klik "Header 1" yang ditunjukkan dalam gambar
    •  Kemudian, ketikkan judulnya "BAB I - PENDAHULUAN"
    • Kemudian, sesuaikan formatnya. Saya menggunakan font Times New Roman ukuran 12, bold, warna hitam, dan align 'center'.

  • Kedua, tentukan subbabnya. cara ini tergolong hampir sama dengan cara sebelumnya. Namun, yang membedakan adalah pilihan headernya.
    • Subbab yang saya inginkan adalah Latar belakang. Subbab ini membawahi Bab I sebelumnya. Klik Header 2.
    • Ketikkan "Latar Belakang"

    • Kemudian, sesuaikan formatnya. Saya menggunakan font Times New Roman ukuran 12, bold, warna hitam, dan numbering jenis angka

  • Untuk membuat subbab yang lebih kecil, anda tinggal membuat heading yang lebih besar seperti heading 3, 4, 5, dan seterusnya tergantung keperluan anda.
  • Singkat cerita, anggaplah anda telah membuat semua bab dan subbab. Anda tinggal membuat daftar isi secara otomatis.
    • Langkah yang akan dilakukan selanjutnya adalah dengan klik References > Table of Content.
    • Pilih sesuka anda bentuknya. Lalu akan muncul seperti ini.
    • Ubah tulisan awal seperti "Contents" sebelumnya menjadi seperti "Daftar Isi" dan sesuaikan formatnya. Ketikkan saja secara manual.
  • Voila! Daftar isi anda sudah dibuat secara otomatis dan tidak perlu mengotak-atik tulisan yang ada
  • Selanjutnya, apabila ada perubahan yang dilakukan, Anda tinggal melakukan beberapa langkah.
    • Klik tulisan "Update Table"
    • Pilih di antara dua pilihan, yang pertama "Update page numbers only" untuk memperbarui susunan nomor halaman bab dan subbabnya saja, sedangkan "Update entire table" memperbarui semuanya, termasuk susunan nomor halaman dan judulnya.

Gimana? Mudah kan? Dengan ini tugas kita dapat dikerjakan dengan mudah dan lebih efisien dibanding cara kuno yang dulu. Terima kasih kepada Microsoft Word yang sudah menemani hari-hari penuh tugas.



No comments:

Post a Comment