Tuesday, January 30, 2018

Pengalaman Mengikuti Ujian Mandiri 2017

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Terima kasih sobat telah berkunjung. Kali ini admin akan membahas atau menceritakan pengalaman admin selama mengikuti ujian mandiri. Admin sih mendaftar SPMB UIN dan Penmaba UNJ. Penasaran lebih lanjut? Silahkan membaca dengan senang hati.

Halo! Bagaimana dengan SNMPTN kalian? tidak apa-apa bagi kalian yang tidak lolos, kan masih ada SBMPTN. Bagi kalian yang udah lolos? Selamat deh! Top! Oh ya tau ngga, beberapa orang yang mendaftar ujian mandiri itu dilatarbelakangi oleh paranoid loh? Loh kok gitu? Iya, admin dan beberapa teman-teman admin pun rela mengeluarkan uang banyak untuk mendaftar ujian mandiri karena takut apabila SBMPTN tidak lolos, kita masih punya pegangan alternatif.


Ini nih jadwal admin SPMB UIN tahun 2017
Admin niatnya ingin mendaftar ujian mandiri setelah selesai SBMPTN. Namun, setelah dilihat-lihat, banyak dari kampus yang rumahnya "deket" admin seperti UI, UNJ, dan UIN itu menutup pendaftaran ujian mandiri sebelum TANGGAL MAIN SBMPTN. Waduh! Ini sih taktikal banget yak! Bagi mereka yang ngga ikut ujian mandiri karena ga ada duit lagi pasti tidurnya ngga bakal nyenyak nih. Bagi mereka yang mendaftar SBMPTN + Ujian Mandiri pasti pusing nih gara-gara abis duitnya :D. Rata-rata untuk mendaftar ujian mandiri sih antara 200.000 - 300.000 an. Admin waktu itu daftar Penmaba UNJ abis sekitar 250ribu, SPMB UIN abis sekitar 200ribuan. Terserah bagi kalian sih mau mendaftar juga atau tidak. Namun, pikirkan lebih matang lagi. Pikirkan apakah kalian sanggup untuk membayar biaya pendaftaran juga. Jangan memaksakan diri dan orang tua juga kan kasian :(, kecuali kalo boleh mah itu urusan lain :D. Trus apabila kalian mendaftar SBM dan Ujian Mandiri, trus SBM kalian diterima dan juga Ujian Mandiri kalian juga diterima, ternyata kalian lebih memilih SBMPTN, kan kasian mereka-mereka yang ditolak ujian mandirinya gara-gara untuk memenangkan kita :(. Admin juga sempet nyesel sih :(. Sorry ya guys.

Oke, kita ke pembahasan inti. Cara registrasinya sih hampir sama dengan regstrasi ala-ala SBMPTN. Cuma yang paling beda itu pada saat mengerjakan soalnya. Waktu SPMB UIN, panitia bilang kalo skor penilaiannya itu beda sama SBM, yang benar diitung benar, yang salah ngga dikasih pengurangan. WHAT? Jadi kalo salah dapet poin 0. Kalo sepemikiran sama admin sih "mending kalo ngga tau jawab asal aja, bener ya syukur, salah ya biarin kan gak dikurangin".

Kebanyakan kampus itu menyediakan 2 pilihan jurusan. Ngga kayak SBM yang bisa 3 sekaligus. Oh ya,  yang perlu diperhatikan adalah tempatnya. Kadang kala, ujian mandiri itu ngga sama lokasi tes sama lokasi kampusnya, seperti pada tahun 2014 SIMAK-UI diadakan di SMAN 26 Jakarta, trus SPMB UIN 2017 di Madrasah Pembangunan. Ngga jauh sih, tapi kan 'berjarak' juga. Oh ya, kalian juga harus memastikan apa saja yang menjadi bahan ujinya. Kadang kala ada saja yang ditambahkan seperti ujian mandiri UIN memuat soal Agama Islam walau admin memilih jurusan umum kayak akuntansi sama sosiologi.

Hal-hal yang harus diperhatikan adalah tata caranya seperti membawa kartu ujian, kartu identitas (KTP), bekal makanan (kadang kita keduluan yang lain kalo urusan makan-makanan lah), survey lokasi (ini nih yang penting, bukan hanya lokasi tempat nya saja, tapi juga toilet dan tempat ibadah, biar ngga nyasar :D). Admin mengikuti SPMB UIN dan Penmaba UNJ. Tanggal mainnya duluan UIN sih. Itu suasananya lagi panas banget puasa-puasa ya ampun. Itu yah, kalo kamu entah SBM atau Ujian mandiri yang jaraknya super jauh dari rumah kalian, kalian harus sabar deh, entah mau pulang atau berangkat soalnya naik apapun pasti bakalan macet. Pulangnya? Sama aja! Admin waktu itu pusing udah ngga kuat lagi liat lautan manusia beserta kendaraannya yang padat memenuhi jalanan, admin langsung pesen mobil Uber. Biarin deh nunggu lama kan waktunya pulang jadi santai-santai aja.

1 comment:

  1. Sharrier: Pengalaman Mengikuti Ujian Mandiri 2017 >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Sharrier: Pengalaman Mengikuti Ujian Mandiri 2017 >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Sharrier: Pengalaman Mengikuti Ujian Mandiri 2017 >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete