Sunday, January 28, 2018

Pengalaman Menabung di BNI Syariah

BNI Syariah KCP Tebet, Jakarta Selatan
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Cerita berawal saat saya sudah mempunyai KTP. Bagi Anda yang bingung dengan uang jajan anda yang baru sebentar sudah habis, atau pun anda sudah bekerja dan bingung uang anda mau disimpan tapi sudah habis duluan, saya pun demikian.

Lalu saya terpikirkan bagaimana kalau nabung di Bank? setelah saya cari-cari apa yang harus dipenuhi syarat-syaratnya, kebanyakan bank mewajibkan para calon nasabah harus memiliki KTP / Kartu Pelajar, serta NPWP.

Menabung di bank bukan hanya sekedar menitipkan uang. Anda juga harus tunduk pada syarat dan ketentuan bank terkait dengan layanan / fasilitas tabungan yang diberikan. Setelah saya menyurvei beberapa bank, ada bank yang tidak memberikan fasilias buku tabungan, ada yang hanya memberikan kartu atm saja, dan kebijakan biaya admin. 

Ketahuilah tujuan anda sebenarnya dalam menabung di bank karena bisa jadi suatu tujuan hanya akan cocok dengan jenis tabungan dan layanan bank tertentu. Misalnya apabila anda ingin merencanakan masa tua anda, tabungan yang paling cocok adalah tabungan perencanaan. Misalnya anda ingin melaksanakan ibadah haji dan umrah, tabungan yang paling cocok adalah tabungan perencanaan/haji dan umrah. Misalnya anda adalah seorang business man tajir yang sibuk dalam bisnis keuangan dan high class, bank yang direkomendasikan adalah HSBC. Misalnya anda menginginkan bank yang terjangkau dan tersebar di berbagai daerah, bank yang cocok adalah BCA, BRI, Mandiri, dan BNI. Apabila anda tidak mau berurusan dengan biaya administrasi yang 'tinggi' bagi kita, bank yang direkomendasikan adalah Bank Syariah.

Pilihan saya jatuh kepada bank Syariah. Alasannya adalah saya mahasiswa yang tidak ingin neko-neko (ribet) dan tabungan yang saya buka tidak besar-besar. Lagipula saya juga pasif menabung. Mengapa saya tidak mengambil prinsip "bunga" dalam menabung. Well, bunga tabungan bisa kerasa kalo tabungan diatas 10 juta :). Kalo tabungannya cuma 500ribu? trus tiap bulan diisi dikit2? apalagi kalo jarang nabung? ya kemakan biaya admin lah :).

Pada dasarnya, bank syariah memiliki dua layanan tabungan, yaitu tabungan wadiah dan mudharabah. Tabungan wadiah dikhususkan bagi mereka yang hanya menitipkan di bank saja dengan pelayanan bank yang penuh (seperti kartu atm, transfer, layanan pembayaran dan pembelian, dan lain-lain). Tabungan mudharabah dikhususkan bagi mereka yang menitipkan uang dan ingin mendapat imbalan bagi hasil. Tabungan wadiah diibaratkan kita menabung di celengan kita pribadi tanpa dikenakan biaya apapun, sedang tabungan mudharabah diibaratkan kita menabung dan ingin mendapatkan imbalan jasa kita menabung di bank tersebut. Bedanya, tabungan mudharabah mewajibkan nasabah membayar biaya admin berkisar antara 5000-15000 rupiah tergantung kebijakan masing-masing bank.

Saya akhirnya mendaftarkan diri menjadi bank BNI syariah di tempat sesuai KTP saya berada. Hal-hal yang harus dipersiapkan adalah uang setoran awal minimal sebesar 200 ribu rupiah, fotokopi KTP, dan uang lebih 100ribu (jaga-jaga kalo disuruh bayar materai dsb). Kalo misalnya kalian ditanyain "Punya NPWP?" kalian jawab aja mahasiswa/pelajar. Selama pengisian, ikuti aja apa yang diperintahkan ama cs nya. Ingat, TULIS DENGAN TULISAN YANG JELAS DAN TERBACA, nanti saya kasih alasannya. Saya memilih tabungan wadiah karena tujuan saya hanya menitip uang. "Loh kalo mau nitip uang kenapa ngga di celengan aja :D ?". Jawabannya ya karena kalau di bank kita punya layanan lebih dari sekedar nabung di celengan rumah. Setelah semua proses pendaftaran selesai kita akan diberi buku tabungan. Untuk kartu debit, kita akan ditanyakan mau dikasih langsung apa di cetak nama? kalau di cetak nama maka akan diberi paling cepat 2 minggu namun ngga menjamin ada loh wkwkwk. Saya pilih yang cetak nama. Sebelum keluar periksa dulu data di buku tabungan, soalnya kalo ada yang salah bisa repot karena bagian itu yang akan sering difotokopi kalo ada urusan tertentu. 

Pengalaman pas ngambil kartu atm yang dicetak, kalau misalnya udah 1 bulan ngga dapet, segera datangi bank tempat membuka rekening. Bisa jadi belum dikirim lewat pos karena saking banyaknya antrian. Benar saja, kartu atm saya beserta yang lain menumpuk begitu saja di laci cs. Ada satu yang mengecewakan, nama saya salah cetak satu huruf, entah siapa yang salah tapi biarin lah kata CS nya yang salah itu di kartunya, sistem nya ngga salah. Tapi kan ngganggu mbak :) Jadi pelajaran nih kalo nulis nama itu harus jelas ya!!!

Oh ya, kelebihan yang saya rasakan BNI Syariah layanan banknya menyatu dengan BNI konvensional loh, Jadi jangan heran kalo kode bank BNI syariah dan BNI umum sama-sama 009. Disamping itu, aplikasi e-banking dan sms bankingnya juga sama, tidak ada pembedaan antara yang Syariah dan yang umum. Hal ini terjadi karena BNI Syariah itu anak perusahaan dari Bank BNI itu sendiri. Jadi anda bisa setor uang ke bank BNI kalau BNI Syariah terlalu jauh. Enak bukan? Siapkan nomor telepon yang aktif kalo kita berminat mendaftarkan rekening anda ke sms banking atau e-banking, biar rekening kita lebih hidup lagi hehehe.

Selama saya menabung, jarang sekali atm maintenance selain karena uang habis, atm tersebar di 15000 tempat di Indonesia, menjadi 5 besar bank terpopuler (induk BNI) membuat saya tak mengalami kesulitan apapun dalam mendapat pelayanan bank. untuk SMS banking, sediakan pulsa 4000 untuk sekali transaksi, untuk, internet banking, jaringan minimal 3G di seluruh tempat di Indonesia! Mantap!

Selain jasa tabungan, Bank BNI Syariah juga melayani tabungan haji, tabungan perencanaan masa depan (BNI Tapenas iB), BNIs tabungan deposito atau giro, dan tabungan khusus anak lho. Bagi yang tertarik, silahkan datang ke Bank BNI Syariah terdekat. 

No comments:

Post a Comment