Friday, April 29, 2016

Panduan Mencari di Google

Assalamu'alaikum Wr. Wb
terima kasih telah berkunjung kembali pada blog saya. Mudah mudahan post saya dapat bermanfaat bagi Anda sekalian. Kali ini admin akan menulis post tentang "cara mencari di google". WHAT???
"Mother of Search Engine"
Terdengar konyol namun memiliki makna segudang.
Kita mungkin sampai saat ini takmemiliki masalah dalam mencari di web bergelar "Mbah" ini. Namun, terkadang kita juga menemui masalah pula dalam pencarian di google, lantaran kemiripan dan isinya yang hampir sama dalam entri google, membuktikan bahwa praktek plagiasi dalam dunia maya masih kerap dilakukan akhir akhir ini *curhat :D.

Back to the topic! Ada beberapa kiat yang dapat dilakukan agar pencarian kita relevan dengan apa yang kita mau dan tentunya menghemat waktu dan kuota kita hahaha :). 



  • Jangan pernah gunakan kata sambung (konjungsi)
Ingin mendapatkan hasil yang relevan, maka jangan pernah letakan kata konjungsi. Karena ini akan membuat mesin pencari google menampilkan apa yang kita ketik di pencarian meskipun itu tidak kita perlukan. Semisal anda ingin mencari cara merawat anjing dan kucing. Maka yang akan ditampilkan kemungkinan hanyalah "anjingnya" atau "kucingnya". lalu misalnya cara membuat dan memasarkan makanan homemade. kemungkinan pula adalah salah satu dari yang kita cari seperti "membuat" atau memasarkan. Begitupula dengan "atau" yang mana bila kita praktekan hasilnya tak akan relevan. Solusinya adalah carilah pencarian satu satu, semisal anda ingin mencari cara merawat anjing dan kucing, maka cari lah satu satu dulu :) jangan sekaligus. Biasanya para blogger selalu mem-post postingannya hanya satu topik, biar keliatan banyak hahaha *truestory :v

  • Gunakan fungsi apostrop atau tanda kutip
ingin pencarian anda langsung to the point? gunakan fungsi ini pada pencarian anda. Ini dimaksudkan agar pencarian kita menutu pada suatu apa yang kita inginkan dengan terfokus pada apa yang kita cantumkan dalam tanda kutip atau petik.
  • Jangan terlalu memperdulikan tata bahasa
Bagaimana bila kita ingin mencari sesuatu yang kalau kita ketik belibet atau kepanjangan :D? Nah, aturan main di google itu simpel. Ketik aja yang seperlunya / pentingnya, nanti kita bakal tau mana yang relevan.
Disini saya mencontohkan dengan "jual piano kawai pn81" padahal artinya sama dengan "jual digital piano merk kawai seri pn81" atau kalau mau di diskon lagi ya bisa koq jadi "kawai pn81 murah" *wow*. Yang penting kita bisa dan menguasai bahasa yang menurut kita itu simpel dan ngga berbelit.
  • Manfaatkan fitur "pencarian spesifik
Nah kalo ini juga ngga kalah penting. Bila Anda pernah mengunjungi suatu postingan sejak lama, namun pas dikunjungi lagi entah kemana, ayo kita gunakan fitur ini! Tinggal klik tombol "Alat Penelusuran" dan voila! pilihlah kriterianya!
Sebenarnya bukan cuma itu doang sih, masih banyak fitur lainnya, seperti:
  1. NEGARA MANA SAJA, berfungsi untuk menampilkan post yang dikirim atau berbahasa yang sedang dipakai oleh Google (kalo google nya google indonesia ya bahasanya Indonesia lah -_-) atau dari negara lain.
  2. SEMBARANG WAKTU, berfungsi untuk menampilkan post yang dikirim sejak hari, munggu, bulan dan tahun ini. Atau bisa juga menentukan dari mana kemana waktunya di "Rentang Tertentu.
Oh yaa.... kesemua fitur ini juga bisa dipakai di Google gambar sama penelusuran web lho ^-^.

Mungkin ini aja yang bisa disampaikan, soalnya pengalaman admin cuma di situ doang ;;), kurang lebih nya mohon maaf, Wassalamu'alaikum Wr. Wb. And jangan lupa kembali yaa :D

Tags:
-  cara nyari di google
-  cara mencari di google
-  panduan searching di google
-  fitur fitur google
-  fitur pencarian google
-  web surfing
-  cara nyari internet

No comments:

Post a Comment