Sunday, January 3, 2016

Fungsi Lain dari Keyboard

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Kali ini Ts akan memposting sebuah artikel yang akan membahas seputar keyboard yang mungkin agan agan sebelumnya belum atah sudah (mungkin?) mengetahui keseluruhan fungsi keyboard.
Keyboard adalah suatu komponen keras atau hardware yang
wajib wujudnya bila ingin merakit sebuah komputer. Tujuan primer dari sebuah keyboard adalah menginput data berupa angka dan huruf serta beberapa fungsi tambahan agar semakin memudahkan dalam beberapa pekerjaan yang dilakukan oleh kita maupun komputer itu sendiri.
Keyboard ditemukan (bukan ditemukan sii, tapi pertama kali dibuat :v ) oleh Christopher Latham Sholes, dengan konsep pertama menggunakan kartu Punch hole sebagai media ketik dan setelah pengembangan yang dilakukan oleh Sholes dan para ahli, akhirnya terciptalah keyboard yang ada sampai sekarang.
Keyboard berisikan banyak tuts yang mana beragam fungsinya. Biasanya dalam keyboard berisikan tuts :
- Alfabet (Dvorak / Qwerty) & Spasi
- 2 pasang Shift, Ctrl, Alt dan Windows Button (kiri & kanan)
- F1, F2, F3, F4, F5, F6, F7, F8, F9, F10, F11, F12
- CapsLock, NumLock, ScrollLock.
- Enter
- Fn (keyboard jenis Notebook)
- Options
- Tombol Numerik Numlock
Ada beberapa jenis dari keyboard.
Berdasarkan jenis layoutnya, keyboard dibedakan menjadi
• Keyboard Notebook / Portable - memiliki tuts alfabet dan sebagian fungsi yang di prioritaskan untuk keringanan dan portabilitas (kemudahan dibawa bawa) yang memudahkan si pemakai. Biasanya paling banyak dipakai di Notebook, atau bisa juga terdapat pada keyboard konvensional.
• Keyboard Standart - memiliki Full tuts dan dikhususkan untuk kerja kantoran yang memiliki banyak fungsi kemudahan Dalam bekerja. Keyboard ini sangat efektif digunakan untuk gaming, accounting dan designing.
Berdasarkan Port yang digunakan, keyboard dibedakan menjadi 2, yakni :
• Port USB - menggunakan port universal yang mana sudah banyak dan seluruh perangkat penopang CPU pasti melengkapi bagiannya dengan port USB. Bahkan bisa melebihi jumlah dari 1. Port USB masa kini didominasi oleh versi 2.0 yang bercirikan slot USB berwarna putih, dan 3.0 yang bercirikan slot USB berwarma biru. Kini beberapa keyboard USB ini sudah dilengkapi dengan fitur wireless, yakni antara keyboard dengan port USB tidak menggunakan kabel.
• Port PS/2 - menggunakan port khusus yang dikenal dengan nama PS/2, merupakan generasi pertama yang menghubungkan CPU dengan keyboard.
Fungsi fungsi lain dari sebuah komputer sangatlah banyak, fungsi lain dari keyboard komputer ialah :
1. Shortcut
Yamg dimaksud shortcut adalah jalan pintas yang akan menuju ke dalam suatu perintah komputer yang mana akan memudahkan kita dalam menjalankan perintah sehari hari. Shortcut selalu diawali dengan tombol khusus perintah yang ada di layout keyboard yaitu Control <CTRL>, Alt, Shift, Windows Button, Options, Function <Fn>. (Windows)
2. Alternatif Mouse
Mouse lagi rusak dan tidak bisa dipakai? Gampaang.. ngga perlu beli lagii untuk sementara. Keyboard kalian bisa dimanfaatin loh.
    > Pertama, siapkan keyboard dengan layout full yang ada angka Numlocknya. (Untuk keyboard laptop, bisa asal ada petunjuk angka angka seperti gambar berikut)
    > Lalu, aktifkan fungsi numlock dengan menekan tombol yang ada di keyboard. (Untuk laptop bisa diaktifkan juga, terkhusus yang menggunakan fungsi Fn dengan cara menekan Fn+NumLock)
    > Pada keyboard tertentu, ada logo panah yang tertera di tombol Numlock, memiliki arti arrowing (pengarahan) nantinya bila fungsi Mouse aktif.
    > Ketik 'Mouse Key', lalu klik 2x yang bertuliskan sesuatu yang berarti turn on Mouse key sehingga muncul jendela berikut.
    > Lalu centang 'Turn on mouse key' dan atur acceleration (akselerasi), sensitifitas, serta kecepatan dari pointer senyaman mungkin. Kini anda telah bisa mengubah Numlock anda menjadi pointer mouse, dan fungsi angka Numlock sementara dimatikan selama fitur itu berlangsung. Bayangkan numlock dari 89632147 adalah arah mata angin dengan angka delapan sebagai Utaranya, dan pusatnya (5) atau tombol enter sebagai Mouse click Kiri. Untuk click kanan bisa menggunakan tombol Option. (Windows)
3. Alternatif Klik Kanan
Pusing karena Mouse Click kanan rusak? Tenaaang. Anda cukup mengarahkan pointer dan tekan tombol Options di keyboard. (Windows)
4. Alternatif Blocking
Lagi malas karena jari dah posisi wuenak (PW)? Gampaang.. anda cukup memanfaatkan fungsi block dengan cara klik 2x kata awal yang ingin di block dan tekan Shift  + Arrow (arah) yang dipilih. (Windows)
Mungkin ini yang saya tahu. Mohon maaf pengguna Mac dan Apple karena saya tidak tahu dan tak pernah memakai karena kemahalan dan temen ngga ads yang punya :D insyaAllah kalau ada info lagi akan saya Update secepatnya.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Sejarah keyboard, sejarah singkat keyboard, sejarah komputer, sejarah teknologi, keyboard, papan ketik, life hack, tips, tips dan trick, tips n trick, tips n trik, fungai keyboard, fakta keyboard, fakta komputer, mouse key, block tulisan, klik kanan tanpa mouse, mouse rusak, windows, tutorial keyboard

No comments:

Post a Comment